Sunday 5 October 2014

ROLL CAKE




Weekend kemaren, saya kembali berlatih menggulung bolu. Yaa.. saya masih belum yakin kalau saya bisa buat bolu gulung, dan saya pengin meyakinkan diri saya, kalau saya BISA. Heheee..
Resepnya saya tetap gunakan resep bolu gulungnya mbak dida, yang pernah saya pakai saat membuat zebra roll cake. Bedanya, kali ini saya pakai loyang ukuran 24*24.  Resep aslinya, untuk loyang 30*30, dibutuhkan 6 butir telur, 75gr tepung terigu, 15gr susu bubuk, 10gr maizena, 100gr gula pasir, 125gr margarin, 1sdm emulsifier  dan 20ml susu cair. Berhubung saya pakai loyang 24, resepnya saya sesuaikan dan saya modif dikiit yaa.. cara pembuatannya saya pakai metode all in, biar lbh praktis.


ROLL CAKE
Resep: Dida Rahmadiah
Sedikit modif by Ayay, untuk loyang uk. 24

Bahan:
5 butir telur
60gr tepung terigu
10gr susu bubuk
10gr maizena
75gr gula pasir
3 sdt susu cair
100gr margarin, lelehkan
1 sdm emulsifier
vanila essence
Buttercream untuk filling

Cara Membuat:
Siapkan loyang ukuran 24*24*3, alasi kertas roti, sisihkan
Kocok semua bahan kecuali margarin cair dan vanilla essence, hingga mengembang, kental dan berjejak
Masukkan margarin cair dan essence vanila, aduk balik hingga rata
Tuang dalam loyang, panggang hingga matang dan permukaan berwarna coklat, kira-kira 20menit
Setelah matang, balik di atas kertas roti, kemudian balik kembali di cooling rack, sehingga poisi permukaan cake berada di atas
Tunggu hingga dingin

Finishing:
Siapkan kertas roti dg ukuran lebih lebar dari ukuran cake, kira-kira 28*28
Balikkan cake yang sudah dingin, hingga bagian atas cake yang berwarna coklat berada di bagian bawah
Oles buttecream, sisakan bagian kiri dan kanan kira-kira 1cm
Gulung,padatkan. Biarkan beberapa saat supaya set
Potong-potong, siap disajikan



Yang perlu diperhatikan saat membuat roll cake adalah proses pemanggangan. Suhu dan waktu pemanggangan harus pas. Kalau overbaked, akan mengurangi kelembaban cake, hasilnya cake akan pecah saat digulung. Suhunya tentu saja harus disesuaikan dengan oven masing-masing ya.. sebagai gambaran, saya menggunakan oven listrik kirin, suhu saya set 220-230 api bawah selama 10 menit pertama, 170 api atas bawah selama 5 menit berikutnya, dan 5 menit terakhir saya set 150 atas bawah.
Sampai saat ini, saya belum berani menggunakan oven tangkring, karena pasti akan sulit untuk mematangkan bagian permukaan, sementara untuk membuat roll cake, permukaan cake harus benar-benar matang (berwarna coklat), karena kalau tidak, kulitnya akan mengelupas dan tentu saja tampilannya jadi tidak cantik.

1 comment: