Wednesday 25 December 2013

BOLU KUKUS GULA MERAH


Alhamdulillah.. libur tlah tibaa.. senangnyaa.. bisa bikin kue sepuasnya.. hahaa...  naah di libur hari pertama ini aku bikin yang simple aja buat pemanasan :D Sebenarnya sih udah lama planning mau bikin bolkus gulmer, gula merah udah beli dari bbrp minggu yang lalu.. maklum, aku ngga pernah nyetok gulmer cz  aku masak kan ga pernah make gulmer.. ngikutin lidah orang bugis, ngga suka masakan manis. hehee.. back 2 d'bolkus gulmer, setelah searching2 di gugel.. akhirnya aku putuskan make resep vivi liong, cz aku liat di beberapa blog pada make resep itu, jadi pengin ikutan nyobain.. 


Resepnya aku modif dikit, kalo di resep asli make air, aku ganti santan kental+air.. sempat deg2an juga takut ngga mekar cz pas ngocok telur kok ngembangnya ngga seperti biasanya klo bikin bolkus.. emg sih resepnya ngga pake emulsifier, cuma pk soda kue n baking powder.. sempet pesimis.. bakalan mingkem nih kayaknya.. tp ternyata.. mekar jugaa.. heheheee..  alhamdulillahh.. senaang.. panas2 langsung deh aku icipin.. enakk euuuyy.. teksturnya lbh moist daripada bolkus biasa, n aroma gulmernya itu bener2 wangii..
Yang pengin ikutan bikin, monggo disimak resepnya...

BOLU KUKUS GULA MERAH
Resep: Vivi Liong, modified by Ayay

Bahan A:
200gr gula merah
65ml santan instan
135ml air

Bahan  B:
1 butir telur
50gr gula pasir
1/2sdt soda kue
1/4sdt baking powder

Bahan C:
250gr tepung terigu protein sedang

Bahan D:
125ml minyak goreng


Cara membuat:

Tuang air+santan ke dalam panci, aduk rata. Masukkan gula merah yang udah disisir. Masak hingga mendidih dan gula larut. Saring, biarkan dingin
Kocok bahan B hingga kental dan mengembang
Masukkan bahan A dan bahan C berselang seling sambil dikocok dengan mixer speed rendah, asal rata aja
Terakhir masukkan minyak goreng, aduk hingga benar2 tercampur rata
Tuang ke dalam cetakan yang telah dialasi papercup hingga penuh
Kukus selama kurang lebih 20-25menit hingga matang


Note: hasil akhir adonan ngga kental spt bolkus biasa.. tetapi agak encer.. Jangan lupa dandang dipanaskan dulu sampe beruap banyak, n tutupnya dibungkus serbet. Ngukusnya juga harus bener2 sampe tanak, kurleb 20-25menit. 1 resep diatas menghasilkan 13 buah bolkus ukuran cup yg kecil.

~selamat mencoba~

1 comment:

  1. Asalamu'alaikummm....

    MAUUU IKUTAN BISNIS 0 MODAL???

    PM yukksss ('_^)

    Asli,,ayoo buktikan

    ReplyDelete