Wednesday 10 December 2014

TIRAMISU KUKUS


Ini merupakan salah satu cake kukus favorit saya,  perpaduan coklat, keju dan kopi, menghasilkan cake dengan cita rasa manis manis gurih.... Penampilannya juga cantik ya, 3 layer dengan warna yang sexi.. mau pake loyang bulat atau kotak/persegi, sama-sama cantiknya.. 
Naah kali ini saya coba menggunakan loyang persegi ukuran 21x14x8 dan ternyata hasilnya pas sesuai harapan saya,  cake nya tinggi, sekitar 8cm (setinggi loyang)
Ngomong-ngomong soal resep, walaupun di google saya liat ada banyak resep tiramisu kukus, saya masih setia dengan resepnya mbak Sri Purwanti. Mungkin nanti lain waktu saya coba resep lain yaa.. kalau sekarang lagi males coba-coba, jadi bikin yang udah pasti aja, pasti enaknya :)


TIRAMISU KUKUS
Resep: Sri Purwanti, sedikit modif by ayay

Bahan A:
8 kuning telur
2 putih telur
200gr gula pasir
1 sdt munjung SP
1/2 sdt garam halus

Bahan B:
175gr tepung terigu protein sedang
50gr susu bubuk
1/4 sdt baking powder

Bahan C:
125ml minyak goreng
125ml santan kental instant (aku pake 2 bungkus santan @65ml)
pasta coklat (atau 25gr coklat bubuk yang dilarutkan dengan sedikit air panas)
pasta moka (atau 2sdm coffee instant dilarutkan dengan sedikit air panas)
50gr keju cheddar parut
90gr coklat meses

Bahan D:
Buttercream secukupnya
Coklat bubuk secukupnya
Buah segar


Cara Membuat:
Siapkan loyang bulat ukuran 20, olesi dengan margarin, lapisi kertas roti. Sisihkan
Campur bahan B, ayak. Sisihkan
Kocok bahan A sampai kental berjejak, kemudian masukkan campuran bahan B, aduk balik hingga rata
Masukkan santan kental, aduk balik dg spatula himgga rata.  bagi adonan menjadi 3 bagian
Ambil 1 bagian adonan, tambahkan pasta coklat dan  1/3 bagian minyak goreng. Aduk balik hingga benar2 rata. Tuang ke loyang, segera masukkan ke dalam kukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu
Setelah 10menit, angkat loyang, taburi permukaan cake dengan meses hingga merata. Tuang 1/3 bagian adonan plain (yang sudah ditambahkan minyak goreng dan diaduk rata). Kukus kembali selama 10 menit
Angkat kembali loyang, taburi dengan keju parut
Tambahkan sisa minyak goreng dan pasta mocca ke dalam sisa adonan, aduk balik hingga rata. Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Kukus kembali sampai matang kurang lebih selama 20 menit.
Segera keluarkan cake dari loyang dg cara mengikis bagian sisinya, kemudian balikkan segera.
Setelah dingin, oles permukaan dan sisi cake dg buttercream, taburi permukaannya dg coklat bubuk. Hias dengan buah segar


Berhubung saya ngga pandai decor cake, harap maklum ya kalau decornya amburadul.. gara-gara dusting ketebelan, jadi saya bikin gini aja :D


~selamat mencoba, semoga suka~

No comments:

Post a Comment