Monday 29 September 2014

CHOCOLATE CHIFFON CAKE




Sudah lamaa banget nihh saya ngga buat chiffon. Saking kangennya dengan lembutnya chiffon, weekend kemaren saya sempatin bongkar gudang nyari loyang chiffon dan perlengkapan tempur lainnya. Maklum, semenjak pindah sebagian besar perlengkapan baking masih tersimpan rapi dalam container, dan containernya pun bertumpuk-tumpuk. Salah saya, tiap container ngga saya tulisin apa aja isinya. Jadi, ya gituu deh, tiap butuh loyang/alat baking tertentu mesti ngintipin container satu-satu..
Naah, kali ini pilihan saya jatuh ke chiffon coklat. Kebetulan masih ada sisa coklat bubuk dan DCC, juga ada sekotak choco chips yang belum kepake sama sekali. Soo.. lets bake the cake ;)



Selama weekend kemaren, sampai 2 kali saya buat chiffon coklat. Yang pertama hasilnya kurang memuaskan. Saya salah mengotak atik resep chiffon pandan andalan saya, hasilnya adonan pasta terlalu pekat, sampai-sampai berat saat diaduk. Hasil akhirnya tekstur cake seret sodara-sodaraa.. dan karena hanya menggunakan 0,8x resep, tinggi cake ngga mencapai permukaan loyang. Yaa sudahlahh.. lets bake agaiin... :D



Next baking, saya hanya lakukan sedikit modifkasi dari  resep chiffon pandan yang pernah saya posting di sini.

CHOCOLATE CHIFFON CAKE
by Ayay

Bahan A:
6 kuning telur
60ml minyak goreng
175ml susu cair
75gr dark cooking chocolate
150gr tepung terigu
25gr coklat bubuk

Bahan B:
7 puth telur
150gr gula pasir
1/2sdt garam halus

Bahan C:
Chocochips secukupnya (optional)




Cara membuat:
Dalam sebuah wadah, letakkan kuning telur
Lelehkan DCC dengan cara di tim di atas air panas
Setelah meleleh, tambahkan susu cair sambil tetap di tim hingga rata
Tuang susu+dcc ke dalam telur, aduk dengan whisk hingga rata
Tambahkan minyak, aduk rata
Terakhir masukkan tepung terigu+coklat bubuk dengan cara diayak, aduk hingga menjadi adonan pasta. Sisihkan
 Di dalam wadah terpisah, kocok putih telur hingga berbusa
Tambahkan gula dan garam sedikit demi sedikit sambil dikocok terus hingga mengembang dan kaku
Selanjutnya, masukkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur dalam 3-4 tahap. Aduk rata tiap-tiap tahap
Tuang le dalam loyang chiffon, banting banting loyang agar udara keluar.
Taburi chocochips
Panggang dengan suhu rendah kurang lebih 90menit
Setelah matang, segera balik loyang. Dinginkan
Setelah dingin, keluarkan cake dari loyang, potong-potong, siap disajikan 



Step step, tips dan trik pembuatan chiffon bisa dilihat di postingan saya yang ini yaa.. 
~selamat mencoba~

No comments:

Post a Comment