Saturday 9 November 2013

LAPIS SURABAYA EKONOMIS


Setelah sukses bikin rainbow cake, aku jadi pengin nyoba bikin lapis surabaya nih.. Jumat udah mborong telur di lotte.. nyari yang murah.. heheee.. Sabtu pagi langsung deh dieksekusi.. aku ngocok adonan sekaligus untuk 3 layer, tp berhubung pake otrik yang mungil, manggangnya satu per satu... aku lelehin margarin per 150gr (untuk 1 loyang) Jadi begitu cake pertama mulai sett api atas, aku mulai lelehin margarin untuk batch berikutnya.. ngelelehinnya dg cara di tim, jd margarin ngga panas, cm anget n bisa langsung tuang ke adonan... Capeknya ngga seberapa lah dibanding bikin rainbow :D
Resepnya aku pake resep rainbow mbak Lynda Maitimu, kalo untuk rainbow, jadinya rainbow premium, tp klo untuk lapis surabaya, jadinya lapsur ekonomis :D
Oya.. resepnya aku modifikasi sedikit.. berhubung ngga pake filling buttercream, gula aku tambah 50gr, maizena dan vx aku skip, trigu aku tambah 50gr dan untuk adonan kuning aku tambah vanilla essence, sementara utk adonan coklat aku pake pasta black forest.  Hasilnya lembutt.. manisnya pas...kata juragan enyakk.. :D





LAPIS SURABAYA
Resep: Lynda Maitimu, modified by Ayay
(untuk 3 layer)

Bahan A:
15 kuning telur
9 putih telur
3 sdt emulsifier
200gr gula pasir

Bahan B:
200gr tepung terigu protein rendah (kunci biru)
60gr susu bubuk

Bahan C:
450gr margarin, lelehkan
vanila essence untuk adonan kuning
pasta blackforest untuk adonan coklat

Bahan D:
Selai strawberry atau blueberry untuk perekat antar lapisan

gula pasir jebul habiss.. jadi ngga kefoto dehh :D


Cara Membuat:


Siapkan 3 buah loyang ukuran 22*22*4, olesi dasarnya dengan margarin,
lapisi dg kertas roti, sisihkan
Campur tepung terigu dengan susu, ayak. Sisihkan


Dalam wadah yang kering, masukkan gula, telur dan emulsifier


Kocok adonan hingga kental berjejak


Masukkan tepung terigu dan susu, aduk balik dengan spatula. Bagi adonan menjadi 3 bagian, 2 bagian untuk lapisan kuning dan 1 bagian lapisan coklat


Masukkan margarin dan vanilla essence untuk adonan kuning,
margarin dan pasta blackforest untuk adonan coklat
Aduk balik dengan menggunakan spatula hingga benar2 tercampur rata
Tuang dalam loyang, panggang hingga matang dan permukaan cake berwarna coklat
(menggunakan kirin suhu 200 api bawah kurleb 20menit+suhu 130 api atas selama 5-10menit)
Penyelesaian: Rekatkan ketiga lapisan dengan selai. Potong potong, siap dihidangkan.


so yummmiiiiyyy.....

No comments:

Post a Comment