Monday 21 October 2013

MIE YAMIN

Aku bikin mie yamin ini karena aku memang ngga terlalu suka mie ayam yang berkuah...dari dulu kalo beli mie ayam pasti minta dibikin kering aja tanpa kuah.. sampe suatu saat diajak misua ( yg waktu itu statusnya msh pacar :p ) makan mie di sebuah warung di daerah cendrawasih Koja...yang ternyata namanya mie yamin.. Hmm... cocokk dehh.. sampe sekarang jadi langganan... sayangnya kok makin kesini potongan ayamnya makin kecil2 aja.. jadi kurang mantep.. tp udah baguslah masih pake ayam asli.. cz selama di Jakarta, klo beli mie ayam "sembarangan" seringnya kecewa.. ayamnya suka palsu.. ga tau dehh dibuat dr apa itu "ayam"....pokoke klo udah nemuin "ayam" ini, langsung ilfil aja.. So sekarang kalo mau beli mie ayam bukan di tempat langganan, suami aku suruh nyobain dulu..klo okee baru dehh ikutan pesen :D curang yaa.. hahahaaa.. udah biasaa :))
Pada dasarnya, resep mie yamin ini sama dengan mie ayam, bedanya klo mie yamin ditambah kecap manis dan tanpa kuah.. sepintas mirip mie goreng dengan topping ayam..




Kelihatannya ribet ya bikin mie ayam/yamin.. padahal gampang n simple lhoo.. siapkan dulu minyak ayamnya, baru bikin ayam toppingnya.. kemaren aku buat minyak ayam hari sabtu, semur ayam hari minggu.. senin malem tinggal rebus2 mie n sayuran.... jadi  dehh untuk menu dinner :)
Untuk resep minyak ayamnya, aku mengacu pada resep di sini hanya saja aku ngga ngikutin takarannya.. knapa begitu....? Karena, aku hanya butuh minyak ayam sedikit aja, sementara aku punya kulit ayam cukup banyak..

Minyak Ayam

Bahan:
250ml minyak goreng kualitas bagus
400gr kulit ayam, cuci bersih
5 butir bawang putih, geprek
1 sdt lada, geprek
1 sdt ketumbar, geprek
5cm Jahe, geprek

Cara membuat:
Goreng kulit ayam hingga agak kering
Masukkan bumbu2, masak terus hingga kulit ayam kering
 Angkat, dinginkan
Ambil kulit ayam, saring bila perlu. Simpan dalam wadah tertutup

ga mau rempong2 bikin mie.. beli jadi aja di SPM, 13rb isi 5 bulatan :)
Ayam Semur ala Ayay

Bahan:
250gr Fillet ayam, potong dadu
3 butir bawang putih, geprek, cincang halus
3 butir bawang merah, geprek, cincang halus
lada bubuk secukupnya
garam secukupnya
kaldu sapi blok (optional)
3cm jahe, geprek
kecap manis secukupnya
air secukupnya
minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
Tambahkan air, jahe, garam, kaldu blok dan lada serta kecap
Masak dengan api kecil hingga ayam matang, bumbu meresap  dan kuah mengental

Bumbu dan Pelengkap:
Sawi Hijau
Daun bawang
Bawang goreng
Saos sambal
Kecap manis
Kecap Asin
Lada bubuk
vetsin (optional, aku ngga pake)

looks yummy yaa...

Finishing:
Masukkan 2sdm minyak ayam dalam mangkok
Tambahkan lada bubuk, kecap asin dan kecap manis. Aduk rata
Masukkan mie dan sawi yang telah direbus, aduk2 hingga tercampur rata dengan bumbu
Tambahkan ayam semur sebagai toppingnya
Taburi bawang goreng dan daun bawang
Hidangkan dengan saos sambal
Kalo mau dibuat mie ayam, skip kecap manis. Tambahkan kuah kaldu yang dibuat dari  air, tulang ayam, daun bawang dan seledri. Caranya, rebus semua bahan dengan api sedang selama kurang lebih 2 jam.

this is it.. mie yamin ala ayay... males bikin sambelnya.. taburi irisan cabe ajaa :))
Pengin tau rasanya...? Yuuukkk bikin....

~Selamat mencoba~


2 comments:

  1. ngintip resep2 xixi blognya kereen banyak step by step

    ReplyDelete
  2. salam kenal saya sigit dari bandung, boleh di coba ga nih resep? hehehe terimakasih infonya ya?doakan berhasil buat, saya memang gemar makan mie yamin, saya biasa beli sih kalau di bandung yang paling enak yah mie naripan bandung www.mienaripan.co

    kali ini saya mau coba buat seenak retoran favorit saya ga di bandung hehehe terima kasih nice info

    ReplyDelete