Monday 6 October 2014

OPOR AYAM KUNING



Postingan saya kali ini adalah menu edisi lebaran. Lebaran tanpa opor ayam memang rasanya hambar ya.. haha..lebay..
Saya belanja ke pastrad, pagi-pagi di hari raya idul adha, harga ayam 35rb/ekor ukuran sedang, kelapa 7rb/butir udah sekalian diperas.. edisi pengen make santan segar tapi ngga mau ribet.. hehee
Naah.. kali ini saya mencoba resep opor ayam kuning ncc, yang mirip-mirip resep ibu saya. Untuk takarannya, saya pakai ilmu kira-kira saja, ngga persis ngikutin resep.



OPOR AYAM KUNING
Resep: NCC

Bahan:
1 ekor ayam, potong 12
1 bh jeruk nipis (saya skip)
1 Ltr air
400ml santan kental instan (saya pakai santan segar, takaran kira2)


Bumbu Halus:
 2 ruas jahe
2 ruas lengkuas
2 ruas kunyit
1 sdt lada butiran
2 sdm ketumbar sangrai
1/2 sdt jintan
3 butir kemiri
3 siung bawang putih
10 buah bawang merah
1 sdt garam

Rempah Daun:
2 lembar daun salam
2 lembar sreh, memarkan
5 lembar daun jeruk

Minyak untuk menumis


Cara memasak (versi ayay):
 Tumis bumbu halus bersama rempah daun hingga matang dan harum
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
Tambahkan air, rebus hingga ayam lunak
Tambahkan santan
Masak lagi hingga mendidih dan tanak 


~selamat mencoba~

No comments:

Post a Comment