Tuesday 31 December 2013

CAKE KENTANG KUKUS


Cake ini resepnya simple... walaupun tanpa emulsifier, BP ataupun soda kue, terrnyata bisa ngembang lhoo.. Aku dapat resepnya dari majalah masak memasak jadul Mahkota Selera, tapi aku modif sesuai stock yang ada di rumah.. di resep aslinya, kentang 500gr, gula pasir 300gr.. aku cm pakai kentang 400gr dan gula aku sesuaikan jadi 250gr.. 

CAKE KENTANG KUKUS
Resep: Mahkota Selera, modified by Ayay

Bahan:
400gr kentang, kukus, haluskan
250gr gula pasir
4 butir telur
250gr tepung terigu
150gr margarin
1 sdt essence vanila
pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat:
Kocok margarin sampai putih dan lembut, sisihkan
Kocok gula dan telur hingga kental
Masukkan terigu, aduk rata
Masukkan kentang, kemudian margarin yang telah dikocok. Aduk hingga benar2 rata
Bagi adonan menjadi bbrp bagian, beri pewarna sesuai selera
Tuang ke dalam loyang diameter 18 tinggi 7cm yang telah dioles margarin dan ditabur terigu
Kukus kurang lebih 1 jam hingga matang dan tanak



Note: sewaktu pencampuran kentang dan margarin ke dalam adonan, aku pk mixer speed rendah, cz pk spatula kok agak susah ratanya.. sebelum dikukus, adonan setinggi 3/4 loyang.. pas udah mateng jadinya pas setinggi loyang. Tekstur cake ini lembut n ngga seret.. lumayan lah buat temen ngeteh/ngopi.. yang pasti lebih sehat krn ngga pake emulsifier, BP or soda kue...


Sssttt.. tau ngga.. harga majalah mahkota selera pada waktu itu (th 1981) Rp. 2000,- untuk 4 edisi.. dan untuk bikin cake kukus ini, cuma ngabisin Rp. 1000,- lhoo.... Coba bandingin dengan harga2 di jaman sekarang... :D

No comments:

Post a Comment