Monday 13 October 2014

CHOCOLATE ROLL CAKE




Maaf.. lagi-lagi posting bolu gulung. Ini bolu gulung edisi kemaruk.. hehee.. lagi demen gulung menggulung euyy.. sabtu kemaren seharian buat bolu gulung, 3 buah buat di bagi-bagi, naah yang 1 ini ujicoba bikin yang rasa coklat. 
Saya modif resepnya mbak dida, 20gr tepung terigu saya ganti dengan coklat bubuk. Yang sempat bikin saya deg-degan, adonan ngga mau kental banget walaupun udah dikocok lama.. tapi alhamdulillah walaupun ngembangnya ngga maksimal, cakenya ngga bantat.. tekstur tetap lembut dan rasanya pun enak.. bakal jadi favorit nihh..




CHOCOLATE ROLL CAKE
diadaptasi dari resep roll cake Dida Rahmadiah

Bahan:
3 butir telur
10gr tepung terigu
20gr coklat bubuk
10gr susu bubuk
10gr maizena
50gr gula pasir
1 sdm susu cair
65gr margarin, lelehkan
1 sdt emulsifier

Buttercream untuk filling
White Cooking Chocolate untuk topping




Cara Membuat:
Siapkan loyang ukuran 22*22*3, alasi kertas roti, sisihkan
Kocok semua bahan kecuali margarin cair, hingga mengembang dan kental
Masukkan margarin cair, aduk balik hingga rata
Tuang dalam loyang, panggang hingga matang dan permukaan berwarna coklat, kira-kira 20menit
Setelah matang, balik di atas kertas roti, kemudian balik kembali di cooling rack, sehingga poisi permukaan cake berada di atas
Tunggu hingga dingin

Finishing:
Siapkan kertas roti dg ukuran lebih lebar dari ukuran cake, kira-kira 25*25
Balikkan cake yang sudah dingin, hingga bagian atas cake yang berwarna coklat berada di bagian bawah
Oles buttecream, sisakan bagian kiri dan kanan kira-kira 1cm
Gulung,padatkan. Biarkan beberapa saat supaya set
Beri topping coretan dengan white cooking chocolate
Potong-potong, siap disajikan




Berhubung masih penasaran dengan adonan saya yang ngga mau kental berjejak,  dan hasil cake yang mengembangnya ngga maksimal, so browsing-browsing lah saya.. dugaan saya, karena saya menggunakan coklat bubuk.. dan saya kocok dengan metode all in. Sempat nanya ke teman fb yang sudah ahlinya, tapi ternyata beliau belum pernah membuat cake berbahan coklat bubuk dengan metode all in.



Setelah browsing sana sini, akhirnya om gugel membawa saya ke satu resep di dapur griya khayangan. Di situ dikatakan bahwa bubuk coklat memiliki berat jenis yang lebih berat dari pada tepung terigu, sehingga menghambat naiknya adonan. Untuk itu, diperlukan baking powder untuk membantu adonan naik dan mengembang. 
Jadii.. apa benar yaa dugaan saya.. well.. PR buat saya nih.. next.. mungkin saya harus ubah metode pembuatannya, atau pengurangan coklat bubuk (dan penambahan pasta coklat
), atau penambahan baking powder.. anyway, yang ini juga udah enaak kok.. :D

No comments:

Post a Comment