Saturday 25 October 2014

DONAT



Belum lama ini, di NCC FB ada yang mbahas tentang cincin yang melingkari bagian sisi donat. Konon katanya, donat yang sukses, salah satu cirinya adalah adanya cincin tersebut.. naah lhoo.. selama ini saya mah ngga pernah peduliin si cincin, asal donat udah mekar menul menul aja udah seneng.. hehee..


Tapi emang sih yaa.. donat yang bercincin, selain menandakan klo donat mekar sempurna, penampakannya jadi kliatan sexeeh bingiittz.. jadi pengeen nihh... untunglah waktu itu saya ikutan nyimak, jadi tau tipsnya. Pertama, donat harus mekar sempurna, caranya ya harus diuleni hingga kalis elastis. Donat yang mekar sempurna akan ringan sehingga saat digoreng akan mengambang, so ngga masalah apabila kita menggorengnya dengan minyak yang banyak. Yang kedua, saat menggoreng cukup dibalik sekali saja, jadi saat satu sisi sudah mulai kuning keemasan, donat dibalik untuk mematangkan sisi lainnya..


Well.. kali ini, saya nyobain resep donat NCC yang tanpa kentang.. saya buat 1/2 resep, menghasilkan 12 buah donat @40gr adonan

DONAT
Resep: NCC

Bahan A:
500gr tepung terigu protein tinggi
100gr gula pasir
11gr ragi instan
4 kuning telur
200ml air

Bahan B:
100gr margarin
1 sdt garam

Bahan C:
Gula donat untuk topping, atau sesuai selera


Cara membuat:
Aduk bahan A hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B
Uleni hingga kalis elastis, bulatkan. Diamkan 10 menit
Kempiskan adonan, potong dan timbang @40gr. 
Bulatkan mulus, letakkan di atas loyang yang telah ditaburi tepung. Istirahatkan kembali 20 menit
Lubangi tiap bulatan, goreng sesuai tips di atas. Angkat, tiriskan
Beri topping sesuai selera



~selamat mencoba~


No comments:

Post a Comment