Thursday 23 October 2014

BROWNIES SUNGAI SETENGAH KILO A LA AYAY




Sekali dayung, dua pulau terlampaui.. heheee.. berhubung saya tergoda sekali dengan topping browniesnya ummu allegra, yang sexeehh bak sungai berbatu, serta resep brownies setengah kilo nya bu nicke dkania hoesein, jadi  kali ini  saya buat brownies dengan menggabungkan keduanya. Resepnya saya pakai brownies setengah kilo, dan untuk toppingnya saya pakai idenya ummu allegra.. Tapii berhubung bikinnya dadakan, resepnya saya modifikasi sesuai bahan yang ada di rumah...  resep asli, silahkan liat di sini..





BROWNIES SUNGAI 1/2 KILO
Resep: Nicke Dkania Hoesein, modified by Ayay
Ide Topping: Ummu Allegra

Bahan A:
3 butir telur
125gr gula pasir
25gr gula palem

Bahan B:
160gr tepung terigu
20gr coklat bubuk
15gr susu bubuk
sejumput baking powder

Bahan C:
75gr margarin
75gr minyak goreng
135gr dark cooking coklat
Chocochip secukupnya




Cara Membuat:
Lelehkan margarin dan DCC secara terpisah, karena sebagian DCC akan digunakan sebagai topping
Kocok gula dan telur hingga larut 
Masukkan bahan B dengan cara diayak, aduk rata
Tambahkan bahan C, sisakan sedikit DCC, aduk rata
Tuang ke dalam loyang ukuran 30X10 yang telah dialas kertas roti
Tuang sisa DCC menyerupai aliran sungai, bisa dengan menggunakan sendok atau spatula. Taburi chocochip
 Panggang hingga matang




Untuk mendapatkan shiny crust (permukaan brownies yang garing dan mengkilap), para pakar mengatakan bahwa gula harus dikocok hingga larut. Kemudian, saat memasukkan adonan ke dalam oven, oven harus benar-benar panas. Naah.. ngomong-ngomong mengenai shiny crust, saya sendiri masih ragu, brownies saya ini udah dapat shiny crust nya belum yaa...
Kalau ngomong soal rasa, saya sempat sedikit kecewa waktu nyobain  brownies selagi masih panas.. tapi, waktu nyobain lagi pas udah dingin, ternyata enakk.. apalagi setelah diinepin semalam.. enaknya pake bangett.. hehee..  :)





No comments:

Post a Comment