Sunday 14 September 2014

BONGKO MUTIARA



Saya tertarik membuat kue ini, pertama karena kue ini jajanan saya semasa kecil, rasanya memang enak.. ngangeni klo kata bu Fatmah :D alasan kedua, saat membaca resepnya, saya berpikir klo cara buatnya mudah sekali... Tapiii.. ternyata its not as easy as i thought.. Yaa.. pada  kenyataannya, hasilnya ternyata tidak sesuai harapan saya. Setelah dikukus cukup lama, sagu mutiaranya masih keras sodara sodaraa.. mungkin karena kurang lama ngerendemnya kali yaa..
Sebagai langkah penyelamatan supaya kuenya tak terbuang (edisi dibuang sayang), buru-buru saya ke warung beli santan instan. 65ml santan instan saya beri sedikit air, kemudian masing-masing bungkus saya tuangi 2-3 sendok santan. Alhamdulillah.. tak sia-sia usaha saya :D 
Jadii, kalau anda mengalami hal serupa, silahkan dicoba cara sesat saya ini..hahaa...
Berikut ini resep yang bener ya.. monggoo...


BONGKO MUTIARA
Resep: Fatmah Bahalwan

Bahan:
250gr sagu mutiara
100gr gula pasir
1/2 butir kelapa setengah tua, parut
1/2 sdt garam halus
daun pisang dan lidi untuk membungkus

Cara Membuat:
Rendam sagu mutiara hingga empuk, tiriskan


Campur dengan gula pasir, kelapa dan garam. Aduk rata
Bungkus adonan dengan daun pisang, kukus hingga matang, kira-kira 30 menit


Angkat dari dandang, dinginkan. Bongko mutiara siap dijepret-jepret.. eittsss.. maksud saya, siap disajikan yaa..:D

No comments:

Post a Comment