Wednesday 3 December 2014

DEVIL'S FOOD CAKE





Cake ini cocok banget untuk para choco lovers, coklat ganache nya bener-bener nendaang. Yang belum pernah bikin, cobain dehh.. ngga bakalan nyeseel.. 
Untuk ganache nya, saya menghabiskan 400gr dark cooking chocolate, dan 160gr whipped cream... karena emang edisi ngabisin sisa whipped cream yang tinggal segitu, keburu basi kelamaan di kulkas. Naah kali ini saya coba buat ganache kocok/inap. Ganache jenis ini dipakai sebagai filling atau olesan. 
Oya, ini kedua kalinya saya buat Devils, resepnya masih sama, menggunakan resep NCC, berhubung saya cuma buat 1 buah DFC (2 layers) dengan loyang diameter 22, saya pake 0,6 dari  resep yang ada di web NCC 


DEVIL'S FOOD CAKE
Source: NCC

Bahan A:
15 kuning telur
3 putih telur
120 gr gula pasir
15 gr emulsifier (optional)

Bahan B:
75 gr terigu
30 gr  coklat bubuk
15 gr  maizena
1 sdt baking powder

Bahan C:
 1 sdm pasta coklat BF
150 gr   mentega/margarine cair

Cara membuat :
Kocok  Bahan A hingga kental, masukkan Bahan B, aduk rata, tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
Tuang adonan kedalam 2 bh loyang bulat diameter 22cm, panggang dengan suhu 180° C.
Setelah matang, angkat dari oven, dinginkan, keluarkan  dari loyang.

Ganache
Source:NCC

Bahan:
400gr Dark Cooking Chocolate
160gr Whipped Cream
25gr Unsalted butter

Cara Membuat:
Tim whipped cream hingga hangat, masukkan DCC yang telah dicincang
Masukkan unsalted butter, aduk hingga rata
Dinginkan dalam kulkas semalaman, setelah itu keluarkan dari kulkas, tunggu hingga suhu ruang
Keruk-keruk, kocok hingga lembut dan ringan
Ganache siap digunakan


Finishing:
Ambil 1 buah sponge cake, perciki dengan simple sirup supaya lembab (saya ngga pakai)
Poles dengan ganache dengan ketebalan sesuai selera, timpa dengan sponge cake kedua
Cover permukaan dan sekeliling cake dengan ganache, sisihkan/simpan dalam kulkas
Untuk pagar coklat, saya memakai 50gr DCC dilelehkan, kemudian buat motif di atas plastik mika yang ukurannya telah disesuaikan dengan tinggi dan keliling cake
Setelah agak beku, lingkarkan mengelilingi cake, beri selotif pada sambungan mika
Simpan kembali ke dalam kulkas, setelah benar-benar beku lepas mikanya
*Foto tutorial pagar coklat silahkan liat di sini


No comments:

Post a Comment