Saturday 26 October 2013

RAINBOW CAKE


Yihaaaaa... akhirnya aku bisaa :)) Ini percobaan keduaku bikin rainbow. Yang pertama gagaaal sodara sodaraa.. Gagalnya itu, entah kenapa, adonan turun setelah penambahan warna. Mungkin krn kebanyakan ngaduk kali yaa.... Sempat patah semangat.. beratt banget mau nyoba bikin lagi.. membayangkan cucian baskom n loyang yg bakal numpukk.. ihhh maless bangetttt... ngga peduli lg sama tantangan misua.... yaa.. waktu ituu, setelah beli rainbow di salah satu toko kue di gading, suami nantangin aku.. bisa ngga bikin kue kayak gitu... langsung aja aku bilang "bisaaa..." hehee pede amatt yaa :D
Naaah... gara2 di fesbuk, mbak Lynda Maitimu nge-share rainbow-nya yang sungguh2 aduhai.. jadi tergodaa lagi dehh..apalagi pas liat tekstur cake-nya.. kliatannya lembuttt banget..aku liat, resepnya jg okee nihh.. lain dari resep2 rainbow yang pernah aku liat sebelumnya.. mbak Lynda make resep lapsur hasil racikan sendiri.. hmmm boljug nih nyobain bikin.. 
Kalau mbak Lynda bikin adonan per lapis, aku langsung untuk 3 lapis, biar hemat waktu dan tenaga..soo resep di bawah ini untuk 3 lapis yaa......untuk meminimalisir pengadukan, adonan aku bagi tiga sebelum mentega dimasukkan. Jadi nantinya mentega dan pewarna dimasukkan berbarengan, sehingga adonan ngga kebanyakan diaduk.. takut kalo adonan turun euuy..
Alhamdulillah, kali ini aku suksesss.. senangnyaaa....

cantikkk kaann... :))
 RAINBOW CAKE
Resep: Lynda Maitimu
Ditulis ulang oleh: Ayay
(untuk 3 lapis)

Bahan A:
9 butir telur utuh
6 butir kuning telur
150gr gula pasir
3 sdt teh emulsifier (aku make SP)
Bahan B:
150gr tepung terigu
60gr maizena
60gr susu bubuk
3 sdt vx (optional)
Bahan C:
450gr butter atau margarin, lelehkan, bagi menjadi 3 bagian
Pewarna makanan

Cara membuat:
Siapkan 3 buah loyang bulat diameter 24, atau kotak uk 22x22, oles dasarnya dengan margarin, lapisi kertas roti. Sisihkan
Campur semua bahan B, ayak,  sisihkan
Kocok bahan A sampai kental berjejak
Masukkan bahan B, aduk balik dengan spatula, bagi adonan menjadi 3. 
Masing2 adonan diberi butter leleh dan pewarna, kemudian aduk sampai benar-benar rata  
Tuang dalam loyang, panggang hingga matang


Cake bagian atas aku hias dengan bunga-bunga dari buttercream yang aku buat dengan spuit no 101. Pertama aku bikin dulu di atas kertas minyak, terus aku masukkin kulkas sampe keras, baru aku letakkan di atas cake...Simple kaaan?.. Yaa karena emang bisanya baru bikin yang simple2 aja.. heheee... harap maklum.. kan masih pemula :)



Bener2 puas nih liat hasilnya.. sampai2 aku pandangin terus nihh kue.. hihi.. walaupun ngabisin telur 2kg, ngga papa lahh...yang pentiiing...... HAPPY :)

~selamat mencoba~

8 comments:

  1. wah mantab banget bun pastinya. Telurnya sampai habis 2 kg.xexexexexe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee.. iyaa mbak. ngga sia2 ngabisin 2kg telur :))

      Delete
  2. Bagus hasil-nya say...ikut senang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak lynda, makasih resepnya.. regenboog cake-nya really2 lekker :D

      Delete
  3. Mba, ini langsung dipanggang berbarengan 3 loyang ya? berarti bikin 2 adonan untuk dapet 6 layer ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, untuk 6 layer brarti bikin 2x resep di atas. aku bikin per 3 layer cz oven n mixer ngga mendukung untuk 6 layer sekaligus :)

      Delete
  4. kalau cream buat diantara lapisan pakai apa ya?caster sugar dan margarine atau butter,resepx please.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat buttercream, biasanya mentega putih mbak.. Resep yg plg simple, mentega putih+gula halus+skm

      Delete