Tuesday 29 October 2013

BOLU GULUNG

Hari senin kemaren, dari pagi udah berencana, pulang kerja pengin bikin roti. Tapi, prakteknya... nyampe rumah ngerjain ini ituu, baru free jam 21.30. Klo bikin roti, mau selesai jam berapa?? Bisa-bisa begadang nihh.. akhirnya berubah haluan, ganti acara nyobain bikin bolu gulung (yang emg udah ada di waiting list :D) Kebetulan siangnya udah nemu resep oke di web ncc, bolgul ketan item. Jd sekalian aja ngabisin stock tepung ketan item yang udh agak lama tak tersentuh. Resep dan proses pengerjaan simple, cocok untuk badan yang udah cape tapi tangan gatel pengin megang mixer.. hehee...
Sayangnya... percobaan pertama gagaaal. bolu langsung patah begitu  digulung.. kesalahanku, cake overbaked, jadinya tekstur kering n ngga lentur lagi.. yo weslah.. cake aku tumpuk aja, lapis bc... potong2.. jadi lapis ketan item :))
Berhubung masih penasaran, selasa malam aku coba bikin lagi. Kali ini mulai lebih awal.. jam 20.00 udah preparing.. jam 21.00 udah baking.. 21.30 mateng.. alhamdulillah hasilnya lebih baik dari percobaan pertama... ada kemajuan..walaupun blum sempurna  :))




BOLU GULUNG KETAN ITEM
Resep: Fatmah Bahalwan

Bahan A:
3 btr       telur  utuh
3 btr       kuning telur
100 gr     gula pasir
1 sdt       cake emulsifier
  
Bahan B:
75 gr      tepung terigu
50 gr      tepung ketan hitam
Bahan C:
50 gr      mentega, lelehkan
1 sdt      pasta cokelat 
Bahan polesan : 50 gr butter cream, siap pakai.
Cara membuatnya
Kocok  bahan A hingga kental, masukkan bahan B aduk rata (atau kocok dengan
kecepatan rendah. Tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
Tuang adonan kedalam loyang 22x22x4cm hingga ¾ penuh, panggang dalam oven selama 25 menit atau sampai matang dengan permukaan kering. Angkat, dinginkan.
Balik diatas kertas roti, poles dengan butter cream tpis dan rata. Segera gulung.


blum sempurna penampakannya, tp rasanya... lekker...
Belajar dari kegagalan sebelumnya,di percobaan kedua ini  terigu aku ganti pake yg segitiga biru (sebelumnya aku pake kunci, setelah browsing2 baru tau klo utk bolgul lbh bagus pake segitiga) truuus suhu oven aku naikin jd 180C api bawah, menit ke 20 suhu aku turunin ke 150C, aku set api atas dan bawah. Menit ke 25, aku keluarin dr oven tanpa tes tusuk, cm aku tekan bagian permukaan, udah ngga bunyi.. brarti udah mateng nihh  (pedee aja lagii), sampai di luar langsung aku tumplek di atas kertas roti...gulung tanpa bc..alhamdulillah mau juga digulung, walaupun masih ada retak2 di bagian pinggir. Ngga papalah.. namanya jg baru belajar.. *menghibur diri :p
Pas udah dingin, baru dehh aku oles bc, kmudian gulung lagi, simpan dlm kulkas sampe pagi.. baru deh dipotong-potong... diicipin...lekker euy...legiit...aslii ngga pake boong :D


Hmmm... masih punya PR nih.. itu bolgul retak2 di bagian pinggir knapa yaaa.. dugaan sementara sihh suhu n waktu pemanggangan masih belum pas..so.. kapan2 dicoba lagi dehhh... tetep semangaatttt....

No comments:

Post a Comment