Sunday 5 January 2014

CAKE COKLAT POTONG A LA BOLU HONGKONG


Bolu Hongkong cara pembuatan n tekstur cake nya mirip2 chiffon..  bedanya, bolhong menggunakan emulsifier n kutelnya dikocok sampai kental. Biasanya, bolhong di buat dengan menggunakan papercup tinggi, cetakannya pun cup dg ukuran lbh tinggi dari cetakan cupcake.. berhubung aku belum nemu2 cetakan bolhong, aku buatnya dengan menggunakan loyang kotak biasa, terinspirasi dari blognya mbak Nien Ing..
Resepnya aku ambil dari Sajian Sedap, tapi untuk cara pembuatannyanya aku ngikuti yang ada di blog mbak Nien Ing.. tapii.. terjadi kesalahan nihh.. gula mestinya dikocok bersama putih telur, aku malah ngocoknya bareng sama kuning telur.. ngga konsen sihh.. ngehnya pas gula udah dicampur kutel.. ya sudah mau gimana lagi.. tetep lanjutttt...

CAKE COKLAT POTONG a la BOLU HONGKONG
by Ayay
Adapted from Bolu Hongkong Marmer Sajian Sedap

Bahan A:
4 butir putih telur
75gr gula pasir
1/4 sdt garam halus

Bahan B:
6 butir kuning telur
1 sdt emulsifier

Bahan C:
75gr tepung terigu protein rendah

Bahan D:
50gr minyak goreng
50gr Dark cooking coklat, dilelehkan
Pasta Coklat/Pasta blackforest secukupnya
1 sdm susu cair

Cara Membuat:
Siapkan loyang ukuran 22*22*4cm, alasi kertas roti
Aduk rata DCC leleh dg minyak, sisihkan
Kocok kuning telur dan SP hingga putih dan kental, sisihkan
Kocok putih telur hingga berbusa, kmudian tambahkan gula pasir+garam sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga soft peak
Masukkan Putih telur ke dalam adonan kuning telur, aduk rata dengan mixer speed rendah hingga rata
Masukkan terigu, aduk balik hingga rata
Masukkan Campuran minyak+DCC, pasta coklat dan susu cair, aduk balik hingga rata
Tuang ke dalam loyang, banting2 loyang sebelum dipanggang untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam adonan
Panggang dengan suhu 180 selama kurang lebih 25 menit
Setelah matang, segera keluarkan dari loyang, dinginkan di atas cooling rack
Potong2, beri topping sesuai selera. Siap disajikan


Hasil Cake lembutt.. tapi aku masih kurang puas.. pertama karena stepnya salah, kedua krn aku lupa ga pake coklat bubuk.. mestinya aku kurangi teringunya kira2 20gram, trus aku ganti coklat bubuk dengan berat yg sama.. pasti lebih nyoklat yaa...

No comments:

Post a Comment