Sunday 1 December 2013

LONG JOHN

Long John sebenernya sama aja dengan donat. Dari segi bahan, cara dan proses pembuatan sama, yang membedakan  hanya bentuknya aja.. Biasanya aku beli yang topping meses, secara aku ini pecinta coklat... tapi kali ini aku coba bikin dengan topping keju. Ternyata enak lhoo.. padahal aku kan bukan penyuka keju..hehe.. manisnya buttercream dipadu dengan gurihnya keju.. yumiiy..
Resepnya sebenernya bisa aja aku pake resep donat yang biasa aku bikin, tapi aku iseng pengin nyoba resep lain.. Diantara beberapa  resep di google yang ketangkep mata, lagi2 pilihan jatuh ke resep di tabloid bintang.. dan lagi2 resepnya aku modif dikit.. kalau di resep asli susu bubuk 30gram dan kuning telur 3 butir utk terigu 500gram, aku pake susu 25gr dan kuning telur 2 butir utk terigu 250gr (aku buat 1/2 resep). Alhamdulillah teksturnya empuuk.. aku buat minggu siang, sampai senin siang masih empuk.. sayangnya keburu habis.. jadi ngga bisa test teksturnya gimana kalo sampai sore atau malem... tapi sepertinya sih tetep empuk asalkan disimpan dalam wadah yang tertutup...




LONG JOHN
Resep: Tabloid Bintang, modified by Ayay

Bahan A:

250gr tepung terigu protein tinggi
2 kuning telur
25gr susu bubuk
50gr gula pasir
6gr ragi instant
125ml air

Bahan B:

50gr margarin
1/2 sdt garam

Bahan C:
Buttercream siap pakai secukupnya
Keju chedar parut, secukupnya

Cara Membuat:

Campur bahan A kecuali air, aduk hingga rata dengan tangan
Masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bergumpal. Hentikan penambahan air jika dirasa cukup
Uleni hingga setengah kalis, bisa manual atau dg mixer kecepatan tinggi
Masukkan margarin dan garam, lanjutkan menguleni hingga kalis elastis
Bulatkan adonan, tutup dengan plastik atau serbet yang lembab. Diamkan 30 menit
Kempiskan adonan, giling kurang lebih 1cm, potong persegi panjang. Diamkan 15 menit
Goreng dengan api kecil sampai kuning keemasan. Akan lebih baik kalau menggunakan minyak padat
Angkat, dinginkan
Belah Long john, oles buttercream. Oles juga di permukaannya, taburi keju parut
Siap dihidangan




Tips: Setelah penambahan margarin, apabila adonan terasa lengket bisa ditambahkan terigu sedikit, tapi kalau nguleni dengan mixer, abaikan saja.. baru pada saat mau di bulatkan adonan terasa lengket, tambahkan terigu sedikit2.
Sama seperti jenis roti2an yang lain, simpan long john dalam wadah kedap apabila tidak langsung dinikmati agar long john tetap empuk.
Selain keju, toppingnya bisa diganti coklat meses atau sesuai selera anda.


                             

~ selamat mencoba ~

No comments:

Post a Comment