Sunday 6 October 2013

SOSIS SOLO


Snack yang satu ini ngingetin aku jamannya msh sekolah di solo.. tiap pagi ibu2 penjual nasi kucing lewat nawarin sarapan. salah satu lauk pelengkap ya sosis solo ini. Harganya lupaa.. tp yg jelas sesuai dg kantong mahasiswa yg pas2an kayak aku ...
Selama 10th lebih tinggal di jkt, kok ya ga pernah liat ada yang jualan sosis solo, jadi ya selama itu pula aku ngga lagi ngerasain lezatnya jajanan khas solo ini.
Sooo... iseng2 aku bikin ajalah.. wong ya gampang inii (gayaa :D) Untuk isian aku pake ayam giling, udah beli dr bbrp hari yang lalu.. berhubung ga sempet2, masuk freezer dulu dehh..
Baru hari ini sempet eksekusi.. untuk resep  kulitnya, aku dapat dari saudara sepupu, sementara untuk isian dari Sajian Sedap.

SOSIS SOLO

Bahan Kulit: (untuk +/- 45buah)
5btr telur
250gr tepung terigu
500ml air
2sdm minyak goreng
1/2 sdt garam halus
(tambahkan air kalau adonan kurang encer)

Bahan Isi: (untuk +/- 12buah)
150 gram daging giling
1 lembar daun salam
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
3/4 sendok teh gula pasir
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
1 butir telur

Bumbu Halus:
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar bubuk
2 butir kemiri sangrai 

siap digoreng

Cara Membuat: 
Isi: tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Masukkan daging giling. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan santan. Masak sampai meresap. Angkat. Tambahkan telur. Aduk rata.
Kulit: Aduk rata bahan kulit
Buat dadar tipis di wajan datar kecil sampai adonan habis.

Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat kiri kanan dan gulung, celup dalam telur.
Goreng sebentar di dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang asal kecokelatan.


 Untuk kulitnya, aku bikin 1/4 resep (telur 2), aku pake pan yg ukuran 24, jadinya kegedean.. next time pake yg kecil aja dehh... kayaknya lbh enak klo ukuran kecil, ngga mblengerri..jadi mau lagi dan lagii.... hehehee...

siap dinikmati :D

No comments:

Post a Comment